Timnas Voli U-20, Tampil Garang Lolos ke 8 Besar AVC Asian Volleyball Championship 2024

Timnas U-20, di fase grup tampil semourna sabet 3 kemenangan dan lolos ke babak 8 besar.

spirit.my.id - Voli mania saat ini sedang tertuju pada Timnas voli putra U-20, yang sedang berlaga di AVC Asian Volleyball Championship U-20 2024, yang berlangsung di Surabaya, 23-30 Juli 2024.

Tergabung di pul A bersama Hongkong, Arab Saudi dan Australia. Timnas U-20 Merah Putih raih hasil sempurna.

Ketiga lawannya ditumbangkan dengan meyakinkan. Hongkong 3-0 (25-10, 25-21, 25-14). Arab Saudi 3-0 (25-20, 25-13, 25-19). Australia 3-1 (23-25, 25-21, 25-23, 25-20).

Atas capaian gemilang tersebut, Indonesia lolos ke fase 8 besar sebagai juara grup dengan 9 poin. India dan raksasa voli Asia Jepang, sudah menanti di babak 8 besar.

Menyimak performa asuhan Li Qiujiang selama fase grup dengan rekor 3 kali kemenangan, mengindikasikan kekuatan Indonesia semakin meningkat.

Skil individu setiap pemain cukup sempurna sehingga ketika disatukan menjelma menjadi sebuah tim yang solid dan tangguh.

Meski begitu, skuad Garuda Muda jangan dulu berpuas diri berlebihan lantaran perjalanan masih panjang juga masih ada kelemahan yang harus diperbaiki terutama di receive dan stabilitas permainan.

Di luar libero, masih ada pemain yang receivenya tidak sampai kepada tosser, mengakibatkan sang setter kurang bisa mengolah serangan sesuai skema permainan.

Lalu di stabilitas penampilan, masih turun naik. Betul di 2 laga kontra Hongkong dan Arab Saudi menang telak 3-0, tapi ritme permainan belum terjaga baik. Selain itu kedua tim tersebut skil individu maupun timnya sedikit dibawah Timnas Merah Putih. 

Kontra Australia, lawan yang terbilang apik. Australia punya kualitas pemain yang merata. Timnas lebih unggul di cemistry dan motivasi. 

Gacor Di Fase Grup

Di laga fase grup, spike-spike dari juru gedor yang dimotori Dawuda Alaihsalam (opposite) dan Farchan Vachrezy Surya Putra (outside hitter) merepotkan 3 lawannya. Dan yang menjadi salah satu kekuatan Timnas Merah Putih adalah kokohnya middel bloker yang digalang oleh Darda Mulya Muhamad. Dari posisi ini, blok poin sering dihasilkan. 

Ditambah 2 libero yakni Muhammad Reyhan dan Raihan Rizky Attorif. Saling mengisi kuat di dig dan receive.

Demikian pula di setter Mohammad Fahril Setiawan dan Pajar Pamungkas, kualitasnya sama. Umpannya tidak monoton.

Menghadapi India dan Jepang di fase 8 besar tak mudah. India punya kelebihan tinggi badan tapi secara kualitas individu maupun tim berani diadu.

Melawan Jepang, kuncinya percaya diri, fokus dan tenang. Teknik Timnas Merah Putih sejajar. 

Jika lolos ke semifinal dipastikan tiket piala dunia U-21, 2025, digenggam, sesuai target federasi bola voli Indonesia.

Jadwal Timnas Indonesia U-20

Sabtu, 25 Juli 2024, melawan India, DBL Arena, 18.30 WIB.

Minggu, 26 Juli 2024, melawan Jepang, DBL Arena, 18.30 WIB.

(*)

Posting Komentar untuk "Timnas Voli U-20, Tampil Garang Lolos ke 8 Besar AVC Asian Volleyball Championship 2024"