PLN Mobile Proliga 2024 : Grand Final Putri Adu Mekanik Dua Pelatih Thailand, Siapakah Lebih Menyengat ?

Duel pelatih Thailand bakal tersaji di babak final Proliga 2024.

spirit.my.id - Duel pelatih asing bakal tersaji di babak grand final sektor putri Proliga 2024, di Indonesia Arena, Sabtu 20 Juli 2024.

Kedua pelatih tersebut berasal dari negeri Gajah Putih Thailand. Danai Sriwatcharamhethakul pelatih BIN Jakarta dan Chamnan Dokmai meracik Elektric PLN.

Menariknya kedua pelatih tersebut pernah bekerjasama di timnas Thailand di edisi Volleyball Nation League (VNL) 2023. Danai Sriwatcharamhethakul, pelatih kepala, sedangkan Chamnan Dokmai, asistennya.

Jadi, duel grand final nanti tidak hanya adu mekanik tapi pertaruhan gengsi kedua pelatih.

Chamnan Dhokmai, sudah punya pengalaman di Indonesia. Sementara Danai Sriwatcharamhethakul pengalaman pertama berkiprah di ajang tertinggi kompetisi bola voli Indonesia.

Di Proliga 2024, keduanya sudah bertemu 4 kali, 2 kali di babak reguler dan 2 kali di babak final four.

Dari 4 pertemuan, Danai Sriwatcharamhethakul lebih perkasa dengan 3 kemenangan, 1 kekalahan. Sebaliknya catatan minor ditorehkan Chamnan Dokmai, 1 kemenangan, 3 kekalahan. 

Keperkasaan Danai Sriwatcharamhethakul bersama BIN di Proliga 2024, adalah kemewahaan pasukan dimana pemain lokalnya ada di level atas, demikian pula asingnya, Kara Bajema dan Kenia Carcaes level dunia.

Dengan pasukan mewah, tentu saja memudahkan skema permainan offensifnya diterjemahkan oleh anak asuhnya dan terciptanya keseimbangan baik saat menyerang maupun bertahan. Hasilnya selama babak reguler putaran 2 dan final four putaran 1 menjadi juara.

Namun, strategi moncer pelatih timnasThailand dari 2016 sampai 2023 ini melempem di putaran 2 final four lantaran 2 kali keok oleh Elektrick PLN dengan skor meyakinkan (0-3) yang akan menjadi lawannya di babak grand final nanti, dan ditumbangkan Popsivo Polwan (2-3).

2 kali tumbangnya BIN di fase krusial ini, tentu saja menghawatirkan karena sang pelatih harus segera meracik ramuan segar agar performa Megawati dan kawan-kawan gacor kembali. Jika tak ada perubahan ramuan, siap-siap saja di babak puncak nanti dikejutkan taktik Chakman Domai.

Sementara itu, Chamnan Dokmai sendiri, selama berkarir di Proliga telah torehkan prestasi kinclong yakni juara Proliga 2019 bersama Popsivo Polwan.

Diprediksi, kedua pelatih akan mengandalkan trio penyerang mereka yang ganas.

Di Bin, 2 outside hitter dikendalikan oleh duo Amerika yakni Kara Bajema dan Kenia Carcases, posisi Opposite, siapa lagi kalau bukan Megawati Pertiwi.

Sedangkan di kubu Elektric PLN, posisi outside hitter kolaborasi asing dan lokal, yaitu Marina Markova asal Rusia dan Nurlaili Kusuma, opposite oleh si kidal Katerina Zidkova asal Azarbaijan.

Beda Target dan Kemana Pelatih Lokal ?

Di tahun pertamanya sebagai juru taktik elektric PLN, ia mendapat tugas cukup berat yakni mengembalikan kejayaan tim yang telah sukses mengoleksi 6 kali juara dengan harapan bisa menambah koleksi gelar yang ke 7 dengan menjadi jawara Proliga 2024.

Bagi Danai, awal yang indah berkarir sebagai pelatih voli Indonesia jika sukses persembahkan gelar juara bagi BIN.

Demikian pula bagi Chakman Dokmai, awal yang manis jika meraih gelar jawara berarti sukses mengembalikan kejayaan Elektric PLN.

Terlepas kehebatan pelatih asal Thailand ini, kemana pelatih lokal ? Berharap diperhelatan Proliga kedepan yang tampil di partai puncak adalah pelatih lokal.

Patut dinanti, strategi siapakah yang jitu apakah pelatih BIN Danai Sriwatcharamhethakul atau setruman pelatih Elektric PLN, Chamnan Dokmai ?

(*)

Posting Komentar untuk "PLN Mobile Proliga 2024 : Grand Final Putri Adu Mekanik Dua Pelatih Thailand, Siapakah Lebih Menyengat ?"