Dubrig, Seni Tradisi Sunda Kolaborasi Dengan Pencak Silat

Dubrig atau dur kendang ngagiribig wajib dilestarikan karena seni tradisi sunda. 

spirit.my.id - Sudah tahu dubrig ? dubrig adalah salah satu seni tradisi budaya Sunda. Seni dubrig ini kudu dilestarikan karena keberadaanya hampir terlupakan.

Jika ingin mengenal lebih dekat apa itu dubrig atau dur kendang ngagiribig, datang saja ke Padepokan Putra Sinar Kencana yang beralamat di Kampung Tutugan, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Padepokan ini, dikomandoi oleh seorang ibu bernama Santi Sartika, yang tetap eksis karena kecintaannya pada seni tradisi Sunda khususnya dubrig.

Di Padepokan ini, banyak anak muda yang mendalami dubrig salah satunya Silfani Dewi Rahayu. Mahasiswi ini sangat piawai dalam gerakan dubrig dengan gaya ilmu pencak silat.

"Seni budaya dubrig merupakan kolaborasi gerakan pencak silat. Dubrig ini salah satu warisan leluhur yang harus dilestarikan," kata Santi Sartika, kepada Redaksi.

Perkembangan dubrig pun kini mengalami kemajuan, seperti yang diutarakan Bah Jajang, sesepuh Padepokan.

"Sekarang hampir di tiap RW. khususnya di Desa Cihanjuang Rahayu umumnya Kecamatan Parongpong KBB sudah ada dubrig ini. Mudah-mudahan dubrig ini ngabudaya buat urang Sunda. Ngamumule dari kita oleh kita untuk kita, ku urang Sunda," tandasnya.

Sementara itu, Dikdik Kasank entertainment yang berkunjung ke Padepokan sekaligus pemangku budaya Sunda berharap, seni dubrig bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat khususnya anak muda.

"Semoga warisan leluhur terus dipertahankan dan dilestarikan agar dikemudian hari tidak musnah dan bisa dikenang oleh anak cucu kita," pungkasnya.

https://vt.tiktok.com/ZSYsqENov/

(*)

Posting Komentar untuk "Dubrig, Seni Tradisi Sunda Kolaborasi Dengan Pencak Silat"